Memahami Data Pribadi Peserta Didik

Memahami data pribadi peserta didik bagi seorang konselor pada khususnya sangatlah penting. Setiap individu memiliki ciri khas sendiri yang berbeda dengan yang lain. Dari data inilah kita dapat memahami perbedaan setiap individu  sebagi acuan konselor dalam memberikan perhatian yang lebih mendalam kepada konselinya.

DATA PRIBADI PESERTA DIDIK

Nama

NIM

Tempat Lahir

Tanggal Lahir

Jenis Kelamin

Agama

Alamat Asal

Telepon/WhatsApp/FB/Twitter/E-Mail

Hobi

Prestasi yang Pernah Dicapai

Jumlah Saudara

Anak Ke-

Data-data di atas ada beberapa dan menjadi karakteristik setiap individu. Nama, setiap individu memiliki nama yang berbeda-beda, namun ada beberapa yang memiliki nama yang sama, karena nama adalah ciri utama setelah ciri fisik yang membedakan masing-masing individu, nama juga disimbolkan sebagai doa dari orang tua agar individu kelak tumbuh menjadi manusia yang dicita-citakan oleh kedua orangtuanya. NIM, membedakan data setiap individu dalam lingkungan kampus, karena tidak ada mahasiswa yang memiliki NIM yang sama. Tanggal lahir, usia seseorang menentukan dirinya dalam lingkungan sosial, dan biasanya semakin banyak angka usia seseorang, maka dianggap sebagai orang yang sudah matang baik ekonomi, fisik, maupun psikologis. Jenis Kelamin, perilaku antara laki-laki dan perempuan masing-msing berbeda karena ada aturan, nilai-nilain, dan norma yang mengatur perilaku msing-msing dari mereka. Agama, berhubungan dengan keyakinan yang dianut, dan masing-masing keyakinan memiliki aturan dan ajaran masing-masing, karena setiap permasalahan yang dialami oleh konseli dikembalikan ke kepercayaan dan keyakinan yang konseli anut. Alamat Asal, setiap daerah memiliki kebiasaan dan kebudayaan yang berbeda, sehingga konselor dapat memahami perilaku individu sesuai dengan daerah asalnya. Telepon/WhatsApp/FB/Twitter/E-Mail, memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan konseli karena terkendala jarak dan waktu. Hobi, membedakan aktivitas sehari-hari dengan individu lainnya, dan konselor dapat membantu mengembangkan potensi peserta didik. Prestasi yang pernah dicapai, dari riwayat prestasi yang pernah diraihnya, konselor dapat membantu mengoptimalkan potensi-potensi peserta didik. Jumlah saudara dan anak ke-, memperngaruhi perilaku individu, karena perhatian yang masing-masing individu dapakan itu berbeda.

Selain data pribadi, data orangtua juga mempengaruhi perilaku peserta didik. Keadaan  sosial, ekonomi, dan budaya mempengaruhi perkembangan peserta didik. Selain itu, pendidikan terakhir orangtua juga mempengeruhi bagaimana orangtua mendidik anaknya.

Leave a Reply to QuentinThync Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 21 = 28